PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan produk
\\\'bank tanpa cabang\\\' alias branchless banking yang digagas oleh
Bank Indonesia (BI). Produk ini dinamakan \\\'btpn WOW\\\'.
\\\"Inovasi
berkelanjutan merupakan tantangan terbesar untuk membuka akses keuangan
bagi segmen mass market,\\\" ungkap Wakil Direktur Utama BTPN Djemi
Suhenda dalam siaran persnya, Kamis (23\/5\/2013).
Djemi
menjelaskan inisiatif Branchless banking dari Bank Indonesia merupakan
terobosan revolusioner dalam industri perbankan. Inisiatif ini
diharapkan dapat membuka akses layanan bank bagi mayoritas penduduk
Indonesia.
\\\"Seperti petani, nelayan, buruh pabrik,
pekerja informal, yang selama ini tidak mempunyai akses ke layanan
perbankan secara lebih cepat,\\\" tuturnya.
Jumlah
masyarakat Indonesia yang belum tersentuh jasa layanan keuangan seperti
transfer, menabung ataupun kredit masih tinggi. Hal ini tercermin dari
penelitian World Bank tahun 2010, dimana hanya 47% penduduk mempunyai
tabungan di bank, dan hanya 17% penduduk mempunyai akses pinjaman bank.
btpn
WOW! adalah layanan perbankan plus melalui HP dengan biaya yang sangat
murah, yang dapat diakses dengan HP yang paling murah dan dapat bekerja
di area yang memiliki sinyal minimum.
Plus-nya adalah
semua layanan perbankan, seperti kirim uang ke bank mana saja, kirim
uang ke nomor HP mana saja tanpa harus memiliki nomor rekening bank,
bayar tagihan, isi ulang pulsa, dapat dilakukan secara instan melalui
HP.
Selain itu nomor HP dapat sekaligus menjadi nomor
tabungan. Sangat murah karena tidak ada biaya bulanan dan tidak ada
saldo minimum. Semuanya ini hanyalah fitur dasar, dan fitur-fitur baru
yang lebih advance, antara lain transfer internasional dan pinjaman,
masih dalam tahap pengembangan.
Produk btpn WOW! adalah produk tabungan bank yang bekerja sama dengan 3 provider telekomunikasi di Indonesia.
Selama
masa uji coba Agent Banking hingga bulan November 2013, akses layanan
bank melalui agen akan masih sangat terbatas. Namun setelah itu peran
agen, sebagai perpanjangan tangan bank, untuk memperluas jangkauan
layanan bank kepada nasabah di seluruh pelosok akan menjadi sangat
penting.
Inovasi ini akan memudahkan berbagai layanan
perbankan ke mass market, antara lain: pembukaan rekening bank, setor
dan tarik tunai dari rekening tabungan, dapat dilakukan di warung\/toko,
pompa bensin.
(dru/dnl)
ADS HERE !!!