Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -
Layanan
laku pandai PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN WOW!) diakui
sebagai inovasi kelas dunia. Perseroan berhasil masuk dalam 50
perusahaan dunia yang dinilai telah melakukan kinerja baik dalam
menyelesaikan masalah sosial.
SVP Product and Customer Experience Head,
Achmad Nusjirwan Sugondo mengatakan layanan laku pandai dari Otoritas
Jasa Keuangan (OJK) berhasil dikembangkan oleh BTPN. Perseroan
berkomitmen melakukan investasi jangka panjang untuk perluasan segmen
nasabah baru. BTPN telah terbukti konsisten melayani masyarakat
berpenghasilan rendah, termasuk para pensiunan, pelaku usaha mikro,
kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat prasejahtera produktif.
“Kami memiliki pengalaman di segmen mikro dan siap investasi demi
pengembangan jangka panjang. Berikutnya kami siapkan layanan kredit
untuk nasabah laku pandai. Pilot project untuk itu siap dimulai akhir
tahun ini,” ujar Achmad dalam kunjungan Agen BTPN Wow! di Gunung Mas,
Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akhir pekan lalu.
Direktur
BTPN Anika Faisal mengatakan perseroan tercatat di daftar “Fortune
Change the World” yang dirilis Majalah Fortune edisi September 2016.
BTPN melalui BTPN Wow! dianggap berhasil membantu masyarakat yang belum
terjangkau layanan perbankan di Indonesia dan memainkan peranan penting
dalam inklusi keuangan di Indonesia.
BTPN merupakan
satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut,
sejajar dengan perusahaan-perusahaan global, antara lain Starbucks,
MasterCard, dan General Electric.
“Peluang sekaligus panggilan
(Do Well by Doing Good) adalah filosofi bisnis BTPN menjadi sumber
inspirasi inovasi bisnis model kami. Masuknya BTPN sebagai satu-satunya
perusahaan Indonesia yang masuk dalam list Fortune Change the World 2016
- 50 Companies That Do Well By Doing Good menjadi kebanggaan sekaligus
panggilan bagi kami untuk terus melakukan yang terbaik,” kata Anika .
Manfaat kehadiran BTPN Wow! di daerah Gunung Mas juga diungkapkan
pemilik agen BTPN Wow! di kawasan tersebut, Husnul Asikin. Menurut dia,
BTPN Wow! menawarkan kemudahan bagi masyarakat di sekitar kawasan Gunung
Mas, termasuk para buruh perkebunan teh, untuk menabung.
“Banyak di antara masyarakat di sini belum bisa merasakan hasil dari
kerja kerasnya karena masih menyimpan uang secara tidak teratur, seperti
menyimpan uang di rumah dan lemari. Dengan menjadi agen BTPN Wow!, saya
bisa melayani masyarakat sekitar agar tidak perlu jauh-jauh ke bank
untuk menabung. Kini, mereka bisa menabung dan mengambil uang di sini,”
ungkap Husnul dalam kesempatan yang sama.
BTPN Wow! adalah
layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon
genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN untuk
meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok
Indonesia.