SINDOnews bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk
(BTPN) menggelar diskusi bertema "Laku Pandai: Akses Keuangan untuk
Semua" di Kota Medan, Sumatera Utara. Laku Pandai merupakan Program
Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif yang
diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2015.
Hadir
sebagai pembicara Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK
Regional 5 Sumatera Bagian Utara Wahyu Mardiansyah dan Product &
Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo.
Laku
Pandai sendiri merupakan sebuah terobosan dari OJK bagi industri
perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok Nusantara. Dalam
menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menggagas BTPN Wow!, sebuah layanan
perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam
dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan bank untuk
meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok
Indonesia.
“Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan
mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan
suatu kebanggaan bagi BTPN, dapat dipercaya menjadi salah satu pionir
dalam inisiatif ini,” ujar Achmad Nusjirwan Sugondo di Medan, Kamis
(7/9/2017).
Hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati
berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik,dan setor
uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah. Agen dapat
berbentuk warung maupun agen penjual pulsasehingga jangkauannya lebih
menyebar luas sampai ke pelosok.
Nasabah juga dapat melakukan
berbagai transaksi diantaranya mengirim uang, membeli pulsa, serta
membayar berbagai tagihanseperti tagihan listrik/air melalui telepon
genggam. BTPN Wow! menggunakan teknologi USSD atau Unstructured
Supplementary Services Data yang dapat beroperasi di segala jenis
telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) meskipun dengan
sinyal minimum.
Target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang
belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa
menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa. Dengan begitu, bagi
mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.
“Dengan
dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat
membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan
yang inklusif di Indonesia,” ujar Nusjirwan.
Atas inisiatif
tersebut, BTPN melalui BTPN Wow! masuk ke dalam daftar “Fortune Change
the World” yang merupakan daftar 50 perusahaan di seluruh dunia yang
dinilai telah melakukan kinerja baik dalam menyelesaikan masalah sosial
sekaligus dapat memperoleh keuntungan.
Dalam daftar yang dirilis
Majalah Fortune edisi September 2016, BTPN melalui BTPN Wow! dianggap
berhasil membantu masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan di
Indonesia dan memainkan peranan penting dalam inklusi keuangan di
Indonesia. BTPN merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk
ke dalam daftar tersebut.
Untuk memperluas jangkauan ke
masyarakat, BTPN Wow! terus melakukan ekspansi melalui kerja sama dengan
berbagai pihak. Salah satunya, bekerja sama dengan Telkomsel
mengembangkan layanan keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow!
yang dipasarkan secara bersama.
Sejak diluncurkan pada Maret 2015
hingga Juni 2017, total agen BTPN Wow! mencapai lebih dari 190.300 agen
dengan jumlah nasabah mencapai 3,86 juta orang.
Sindo
ADS HERE !!!